Selasa, 27 Februari 2018

Kumpulan Contoh Paragraf Induktif Lengkap dan Mudah

AnekaContoh-Paragraf induktif merupakan salah satu jenis paragraf yang dikembangkan dengan pola induksi, yaitu dengan memaparkan hal-hal yang khusus kemudian disimpulkan dengan hal yang lebih umum. Atau bisa dikatakan, paragraf induksi adalah paragraf yang letak kalimat utamanya berada di akhir paragraf. Adapun pola pengembangan paragraf induktif dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu generalisasi, sebab-akibat, akibat-sebab, dan analogi.

Kumpulan Contoh Paragraf Induktif

  • Pola pengembangan paragraf induktif dengan cara generalisasi merupakan pola pengembangan dimana dimana pernyataan khusus dibuat sangat mirip dengan pernyataan kesimpulan atau kalimat utama. Contoh :

Setelah banjir surut, anak-anak yang berhasil dievakuasi kemarin diantar ke pelayanan medis darurat untuk diberikan pemeriksaan. Ternyata kasus penyakit yang diderita anak- anak korban banjir bandang tersebut cukup beragam. Sebanyak 15 anak mengalami diare akut, 2 anak menderita penyakit kulit, dan 4 anak dipastikan terkena demam berdarah. Dapat dikatakan banjir bandang yang melanda Denpasar minggu lalu itu membawa dampak yang buruk bagi kesehatan anak korban banjir.


  • Pola pengembangan paragraf induktif dengan cara analogi merupakan pola pengembangan yang membandingkan dua hal yang mempunyai kesamaan. Contoh :

Memang kedua kakak beradik kembar itu sangat kompak. Baik Etti maupun Itta sama- sama berprofesi sebagai seorang dokter. Dari usianya masih sepuluh tahun keduanya kerap mengikuti karnaval dan selalu berperan menjadi dokter. Dengan upaya dan dukungan orang tua keduanya bisa menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Selain sifat yang sama, Etti dan adiknya Itta juga memilih untuk bekerja di rumah sakit yang sama. Kakak beradik Itta dan Etti memang terlihat seperti pinang dibelah dua.


  • Pola pengembangan paragraf induktif dengan cara kausalitas (sebab-akibat) merupakan pola pengembangan yang menggunakan beberapa fakta untuk mempertegas kesimpulan. Contoh :

Peralihan musim seperti pada saat ini sangat rentan terjadinya bencana alam. Beberapa waktu yang lalu misalnya berita banjir yang terjadi di wilayah kota besar sangat memprihatinkan. Kota yang menurut pembangunannya modern justru menjadi tempat favorit banjir tahunan. Hal tersebut tentunya bergantung pada peran warga di perkotaan yang hampir setiap hari memproduksi sampah rumah tangga. Banjir yang terjadi di perkotaan sudah pasti berasal dari penyumbatan aliran air karena sampah yang menumpuk.

Jadi bisa disimpulkan bahwa ciri-ciri paragraf induktif adalah setiap paragraf diawali dengan kalimat-kalimat penjelas atau kalimat khusus, kalimat utama atau kesimpulan berada di akhir paragraf, kalimat penjelas dapat berupa fakta, contoh, rincian khusus atau bukti-bukti yang dapat memperkuat kalimat utama. Dan berikut ini adalah beberapa kumpulan contoh paragraf induktif yang mudah anda pahami.

Contoh Paragraf Induktif 1
Dari pintu pertama galeri milik Soetopo, kami tal berhenti menikmati karya indah tangannya. Begitu terpukau mata kami para pengunjung yang dimanjakan dengan banyak lukisan berkelas karya maestro Malang ini. Tampak dari bilik ke bilik lukisan ada yang disulap secara tiga dimensi. Semakin membuat mata kami tidak berkedip. Apalagi karyanya yang berupa wajah- wajah pahlawan nasional Indonesia. Alangkah indahnya dan beruntungnya Indonesia memiliki seniman seperti Soetopo.

Contoh Paragraf Induktif 2
Kebijakan pemerintah menaikkan tarif BBM dinilai tidak berpihak pada rakyat kecil. Mayoritas rakyat Indonesia yang hidupnya bergantung pada BBM seperti sopiur danb pedagang banyak yang mengeluh sebagai akibat kebijakan tersebut. Dengan turunnya kebijakkan menaikkan harga BBM semakin membuat harga bahan pokok juga turut merangkak naik. Hal inilah yang dikeluhkan rakyat kecil yang semakin tersiksa. Oleh karena itu, beberapa titik dikota besar dua hari belakangan diserbu demonstran yang ingin kebijakan ini dihapus.

Contoh Paragraf Induktif 3
Kanker paru merupakan satu diantara penyakit yang mengancam keselamatan perokok. Baik perokok aktif, maupun perokok pasif. Hal ini berasal dari asap yang dihasilkan daroi proses merokok tersebut yang didalamnya terdapat kandungan zat kimia berbahaya seperti tar dan nikotin. Oleh sebab itu, anjuran untuk berhenti merokok harus digerakkan oleh semua lapisan masyarakat.

Contoh Paragraf Induktif 4
Diaz sangat hobi dengan pelajaran menggambar. Setiap hari setelah pulang sekolah dia selalu melampiaskan hobinya tersebut diatas kertas gambar sambil menonton televisi. Beberapa prestasi menjadi juara menggambar bahkan didapatkannya setiap tahun. Semua guru disekolahnya yakin karya Diaz memang pantas mendapatkan juara. Oleh sebab itu, pihak sekolah tidak ragu mendukung Diaz setiap kali akan berlomba.

Contoh Paragraf Induktif 5
Pelukis andal pasti menghasilkan karya- karya yang indah, pelukis tersebut menciptakan karyanya diatas kanvas dengan menjalin komunikasi bersama emosinya sehingga tercipta imajinasi untuk dituangkan dalam karyanya. Imajinasi tersebut tertuang dengan konsep dan pemikiran serta makna yang ingin disampaikan oleh si pelukis. Disanalah nanti sebuah lukisan seakan berbicara dengan penikmatnya. Maka dari itu, imajinasi menjadi hal yang sangat penting bagi seorang seniman.

Demikianlah beberapa kumpulan contoh paragraf induktif yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga penjelasan diatas dapat dengan mudah kamu pahami sehingga dapat membantu kamu dalam mengerjakan tugas terutama bahasa Indonesia. Sekian dan terima kasih.